PROMO

PROMO
HOSTING NO 1 INDONESIA

Google Analityc Experiment

Karir Programmer

Terkadang menjadi programmer bukanlah cita-cita sejak kecil. Cita-cita itu kadang muncul kita menginjak bangku SLTA atau saat Kuliah. Ada juga programmer bukan sebuah cita-cita namun saat di kerjaan ternyata menyukai komputer dan menyukai bidang pemrograman, akhirnya pun memutuskan pindah ke bag IT dan menjadi programmer.

Programmer itu adalah profesi modern. Sebelum tahun 1900 ada juga programmer, namun bukan programmer komputer. Lalu programmer apa?.  Makhluk hidup bisa bereproduksi dan terus alih regenerasi. Dari sebuah benih jagung bisa tumbuh pohon jagung yang kompleks dan mempunyai susunan kimia yang bermacam-macam. Tentu didalam benih jagung tersebut ada program, cuman bukan program komputer. Yang menjadi programmer pertumbuhan makluk hidup tidak lain adalah Sang Khalik. Dia sudah tahu kapan seseorang lahir dan kapan seseorang meninggal. Dia sudah tahu kapan seseorang itu bisa bicara dan bisa berjalan. Hal itu tidak berlangsung dengan sendirinya, seperti halnya komputer ada yang memrogram demikian juga makhluk hidup juga ada yang memrogram. Kalau tidak ada yang memrogram, satu benih jagung tidak akan bisa tumbuh apa-apa dan hanya satu benih saja.

Memulai karir sebagai programmer tentunya sangat mengasyikan. Karena rata-rata orang menjadi programmer adalah karena hobby. Hobby membuat program itulah dasar utama seseorang suka menjadi programmer. Bahkan sangat bangga ketika seseorang diterima kerja sebagai programmer. Programmer juga bangga sekali saat pertama kali programnya dipakai orang atau perusahaan.

Kembali lagi kepada karir programmer. Jika sudah puluhan tahun menjadi programmer terus tentu kadang programmer menjadi jenuh. Jika dalam perusahaan seseorang bisa naik grade menjadi senior programmer, terus naik menjadi kepala programmer dan naik lagi menjadi kepala/manajer IT.

Jika pada tahun 2013, diukur dari rata-rata industri maka Salary dari jabatan-jabatan IT yang mungkin dari seorang programmer adalah sbb:
Junior Programmer : Rp.1.5 sd 3 jt
Intermediate Menengah : Rp 3jt sd 5jt
Senior Programmer : Rp 5jt sd 12jt

Konsultan ERP : Rp. 8 jt sd 40jt

* data tersebut merupakan data asumsi pengalaman saya, bukan hasil riset

Koor/SPV Programmer : Rp.6jt sd 15jt
Manajer IT : Rp. 10jt sd 30jt
Direktur IT/CIO : Rp. 20jt sd 150jt

Seorang programmer dari Junior bisa menjadi Senior Programmer itu tidak terlalu susah. Tinggal belajar terus dan belajar terus. Namun jika seorang programmer ingin menjadi Manajer IT itu bukanlah suatu yang gampang. Anda belajar program terus sampai rambut ubananpun belum tentu bisa menjadi manajer IT.  Dalam hal ini kerja keras saja tidak cukup, kepandaian program saja juga belum cukup. Ada banyak kemampuan yang harus dilengkapi. Jika berminat silakan membaca artikel di website ini yang berjudul Syarat Menjadi Manager IT


Jika tidak puas dengan salary tersebut sebaiknya Anda mendirikan konsultan IT sendiri dan merekrut programmer-programmer untuk bekerja di perusahaan Anda.

Menurut Eko Indriyawan, pakar Delphi Indonesia : Dalam dunia bisnis, kemampuan teknis adalah paling bawah, selanjutnya dalam dunia riset kemampuan teknis ada dibagian atas. Sehingga untuk menjadi pengusaha IT tidak dibutuhkan kemampuan menguasai semua bahasa pemrograman, namun cukup sekedar tahu agar tidak dibohongi oleh anak buah, bisa memprestasikan sistem dengan lebih luwes. Kemampuan yang harus dimiliki adalah kemampuan mempresentasikan sistem, kemampuan menjalin relasi bisnis, mengegolkan Project, pengetahuan tentang akuntansi dan keuangan.

Selamat berkarya wahai programmer-programmer Indonesia.


 

Tidak ada komentar:

Baca Juga