PROMO

PROMO
HOSTING NO 1 INDONESIA

Google Analityc Experiment

Membuat aplikasi Monitoring Server dengan Delphi

Ruang Server diperusahaan kecil banyak sekali yang belum memenuhi standar. Boro-boro rapi berantakan sih iya. Apalagi yang belum memiliki Dept IT/MIS. Ruang Server kadang bebas dimasuki oleh orang selain IT. Meletakan file-file administrasi yang sudah menumpuk dan tidak punya tempat lagi maka Ruang Server adalah sebuah alternatif buat orang administrasi yang tidak tahu menahu server.

Menurut standar umum suhu di ruang server adalah 19 sd 23 derajat celcius. Jika suhu diatas, atau dibawah itu menurut pengamat tentu tidak bagus untuk ketahanan server. Sama seperti suhu, kelembaban juga merupakan hal yang vital. Kelembaban ruang server sebaiknya antara 45 sd 65. 

Lalu bagaimana untuk memonitor suhu dan  kelembaban di ruang server? kita bisa membuat aplikasinya sendiri dengan menggunakan Delphi. Lagi-lagi artikel ini hanya sebuah pengantar, teknisnya silakan dicari sendiri atau hubungi kami.

Pertama-tama beli alat hygrometer yang didapat dipasaran yang ada colkannya USB, dan disertakan software installernya. 

Langkah kedua, setting update data suhu dan kelembaban ke folder yang kita tentukan

Langkah ketiga, buat aplikasi dengan Delphi untuk membaca file tersebut

Setelah aplikasinya jadi, silakan beli TV/Monitor, dan disambungkan ke komputer yang dipasang hygrometer, pasang kabel VGA/HDMI ke luar ruangan server. TV/Monitor ditempel diruang IT, sehingg jika ada suatu abnormality dari suhu atau kelembaban ruang server dapat segera ditangani dengan cepat.

TV/Monitor itu sbg alat monitoring merupakan konsep seperti diperusahaan-perusahaan jepang, yang disebut jidoka.

Berikut contoh monitor suhu dan kelembaban yang kita buat dengan Delphi



Selamat mencoba...


Kalau masih bingung dan ingin dibuatkan bisa hubungi kami 081380321827, atau komen diartikel ini

Tidak ada komentar:

Baca Juga