PROMO

PROMO
HOSTING NO 1 INDONESIA

Google Analityc Experiment

Mobile Programming Praktis

Sekarang adalah eranya teknologi mobile, dimana komputer sudah ada digenggaman tangan user. Tidak selalu orang bolak-balik ke komputer untuk menginput data atau melihat laporan. Cukup dari Smartphone saja sudah bisa. Bahkan sambil santai duduk ataupun tiduran pun orang bisa melihat laporan.

Dunia pemrograman pun harus inovatif. Bagaimana menciptakan program yang bisa diakses via mobile phone. Penulis berkali-kali mencoba menggunakan Delphi XE sampai XE 8. Tetapi hasilnya nihil, konfigurasinya cukup rumit. Tidak seperti membuat pemrograman client server ataupun desktop. Begitu install langsung klik run pun langsung jalan alias ngacir.






sumber gambar http://tricedesigns.com
Penulis mencoba menggunakan Eclipse. Cukup rumit memang kalau didalami, ditekuni pasti bisa. Tim penulis sudah ada yang jago. Tetapi mungkin ada cara yang lebih praktis daripada menggunakan Eclipse ataupun Android Studio. Akhirnya penulis menemukan Phonegap, penulis juga menggunakan Jquery Mobile, dan setelah selesai tinggal dikompile menjadi APK, perfomancenya cukup bagus dan sangat ramah tampilannya

Jadi saran saya bagi yang kesulitan membuat program mobile maka agan sekalian bisa menggunakan Phonegap, Ionic ataupun Jquery mobile. Hasilnya tidak kalah menarik, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Intinya kita bisa bangun aplikasi mobile yang handal dan memenuhi permintaan user maupun pasar.

Phonegap mengkonversi kode HTML menjadi kode Java, phonegap besutan Adobe juga cukup mumpuni. Satu source aplikasi bisa untuk Android maupun IOS (apple)

Tidak ada komentar:

Baca Juga